Saturday, December 25, 2010

Kritikan adalah Power jangan Sia Siakan!!!

Di dalam kehidupan sehari hari saran dan kritikan sangatlah kita butuhkan dan hal ini memegang peranan penting dalam apa yang akan kita capai atas usaha yang kita lakukan, atau sebatas perbaikan diri pribadi.

Taukah anda apa itu saran dan kritikan.?, saya sendiri tak tahu pasti namun  saya coba memahami dari apa yang saya alami dan saya temukan jawabnya dan saya pakai untuk diri saya sendiri.
buat saya saran yang saya terima dari orang orang yang dekat dengan saya atau orang yang berada di sekeliling sangatlah membantu dalam saya menjalankan aktifitas sehari hari, meski tak jarang apa yang mereka sarankan terkadang sangat berat dan bertolak belakang dengan keinginan dan kemampuan saya, tapi saya coba tampung karena saya yakin suatu hari saya memerlukan itu. bagaimana dengan anda???

Bukan hanya saran, kritikan sangat kita perlukan untuk membangun diri menjadi lebih baik, baik pribadi maupun kreatifitas.
Saya tidak bisa nemyangkal kalau terkadang saya terlalu angkuh dan menganggap remeh akan kritik kritik yang saya terima dari orang orang yang mengenal saya tentunya.baik itu langsung atau dari sikap yang di berikan.
Namun suatu hari saya sadar apa yang mereka bilang, kritik yang mereka berikan itu justru yang terbaik dan luar biasa.

Kritikan yang datang pada umumnya itu berbentuk sesuatu yang bertentangan makanya di sebut kritik dan kritik sebenernya terlontar dengan harapan dari sang kritikus agar kita yang di kritik mengadakan sesuatu pembaharuan.

Pernahkah anda mengkritik dan menerima kritikan????
Apa alasan anda mengkritik dan atas dasar apa itu anda lakukan?
Apa dan bagaimana sikap anda dalam menerima dan menanggapi kritikan yang terlontar kepada anda?

tiga pertanyaan yang tidak mudah untuk di jawab sebenernya tapi selama ini aku terlalu mudah menjawab...

ada beberapa orang mengkritik atas sesuatu atau tentang tingkah dan sikap seseorang hanya karena emosi, cemburu, iri dengki, benci.... tapi sebenernya itu bukan kritikan tapi cemo'oh yang terlontar karena hanya untuk menutupi kekurangannya atau ketidak mampuanya, atau hanya sebatas luapan kecemburuan sosial.
Jujur saya pernah seperti itu...bagaimana dengan anda???? pernahkah??

dalam kehidupan sehari hari kalo saya perhatikan pada diri saya sendiri, orang orang terdekat saya semua menanggapi kritikan yang datang pada mereka itu dengan sikap yang berbeda beda.
Ada yang menerima dengan senang hati dan di tela ah, ada yang marah sembari berkata '' lihat dirinya sendiri dong sebelum menilai orang'' hehehe itu sering saya ucapkan. itu sebenernya terlontar karena mungkin saya , tidak siap menerima kritik tersebut, tidak sesuai dengan yang di harapkan, menyakitkan mungkin.

Tetapi kalo saya pikir pikir kritikan itu bisa membuat kita menjadi luar biasa.
kalo kita mau jujur pada diri sendiri kita bisa membangun diri dari semua yang kita terima, kritikan dan saran yang orang lain berikan pada kita.
Kadang kita tidak menyadari karena terlalu egois dan emosi kita tidak pernah tahu,. Orang lain memberikan kita saran, masukan, kritikan sebenernya itu karena mereka, perhatiaan dan sayank kepada kita,mereka mau kita menjadi lebih baik lebih maju dengan apa yang ada pada diri kita saat ini.

Tanggapilah dengan fikiran positif semua saran dan kritik yang datang pada kita dan suatu hari kita akan menyadari apa yang orang lain berikan adalah bermanfaat buat kita. Dan itu salah satu power yang memberi kita semangat untuk merubah, mengembangkan diri menjadi pribadi yang lebih baik.

Saya menerima kritik dan saran yang membangun, bukan pujian yang buat aku terjatuh.......


No comments: