Saturday, December 18, 2010

Sehat itu Penting dan Perlu

Dalam menjalani kehidupan sehari hari hal yang paling penting yang harus kita perhatikan adalah kesehatan. Terkadang karena sibuknya kita dengan kegiatan kegiatan sehari hari kita lupa dan tidak memperhatikan akan kesehatan kita baik fisik maupun mental. Hal tersebut baru akan kita sadari disaat kita sedang merasa tidak enak badan atau sakit.Atau sering juga kita merasa baik-baik saja, ternyata saat sadar, kondisi kesehatan kita sebenarnya sudah terlanjur buruk. Timbul penyesalan dan pemikiran, andaikan saja sejak dulu mendengarkan tubuh dan merawat kesehatan.

Ada 2 hal yang secara umum bisa  dilakukan dalam kaitannya dengan kesehatan, yaitu: mencegah atau mengobati.

Kalau kita mengobati penyakit, berarti penyakit tersebut sudah terjadi di badan kita. Oleh karenanya kita mengobati penyakit tersebut. Lebih baik lagi jika kita mencegah penyakit tersebut sebelum si penyakit menempati tubuh kita.Coba kita bayangkan disaat sakit kita akan dirugikan banyak hal, namun semua itu tidak pernah kita sadari. Namun begitulah kenyataanya sakit yang ringan ataupun yang terolong sakit berat langsung maupun tidak kita telah dirugikan dan itu semua sebabnya datang dari kita sendiri karena selama ini kita telah lalai menjaga fisik dan mental kita. 
Banyak waktu yang terlewatkan, banyak aktifitas sehari hari yang akan terbengkalai atau tertunda karena fisik kita dalam keadaan tidak fit atau sakit. karena mau tidak mau kita mesti gunakan waktu yang ada untuk sekedar istirahat sampai keadaan normal. Mungkin seandainya fisik kita hanya mengalami sakit ringan mungkin waktu yang tersita hanya sedikit namun seandainya kita mesti istirahat untuk jangka waktu yang agak lama karena penyakit yang menghampiri lumayan serius, disitulah kita akan benar benar berfikir begituberharganya sehat.
Belum lagi untuk mengobati penyakit yang menghampiri kita, kita juga harus mengeluarkan biaya. Kesehatan itu mahal.

Nah, kalau kita bisa mencegah datangnya sakit dengan memperhatikan kesehatan sehari hari, mengapa kita mesti menyia nyiakan waktu dan mengeluarkan uang????

No comments: